Minggu, 02 Agustus 2015

Penyebab dan Ciri-Ciri Batuk Alergi Pada Anak


Batuk alergi adalah reaksi yang ditimbulkan ketidakmampuan tubuh untuk mentoleransi zat tertentu, misalnya alergi debu atau cuaca dingin. Anak batuk sendiri sebenarnya refleks sistem saluran napas untuk membersihkan dari partikel asing, lendir, iritasi dan mikroba. Jadi batuk sebenarnya adalah suatu reaksi tubuh yang normal dan merupakan peringatan awal dari tubuh jika ada gangguan pada saluran pernapasan. Reaksi batuk alergi muncul karena alergen memicu produksi lendir berlebihan dalam saluran pernapasan. Masalah batuk alergi pada anak cukup sering membuat waswas para orang tua, apalagi ada kemungkinan batuk alergi dapat menjurus pada penyakit asma. Karena batuk jenis ini cukup bandel beberapa orang tua menjadi tidak sabar untuk segera mengatasi batuk alergi tersebut dan kadang memberikan pengobatan yang berlebihan pada anak. 

Sebenarnya jika kita mengetahui lebih banyak mengenai batuk alergi, kita bisa lebih bijaksana dalam mengatasinya. Sifat alergi yang menimbulkan batuk tersebut memang tidak dapat dihilangkan dari tubuh anak, namun kita bisa mengontrolnya supaya tidak berkembang menjadi penyakit asmma. Batuk alergi biasanya tidak disertai demam, cenderung tidak berdahak, dan biasanya terjadi lebih sering pada pagi atau malam hari atau setelah mengkonsumsi makanan berminyak atau minuman dingin. Batuk alergi sebenarnya hanya membutuhkan obat anti alergi, anti histamin, atau obat batuk saja. Dokter tidak akan merkomendasikan antibiotik untuk mengatasi batuk alergi sebab ia tidak disebabkan oleh infeksi bakteri. Terdapat beberapa obat alami yang dapat ibu gunakan untuk mengobati batuk alergi pada anak, seperti tanaman habbatussauda, meniran, mengkudu,  jahe merah, dan teh rosella yang dicampur dengan madu.
Berikut ini beberapa penyebab batuk alergi pada anak :
  1. Para orang tua perlu mencari tau penyebab dari batuk alergi anak. Jika penyebab tersebut telah diketahui, maka ibu akan melakukan antisipasi agar batuk si anak tidak kambuh lagi yaitu dengan cara menghindari pemicu yang menjadi penyebab batuk alergi.
  2. Jika alergi dipicu oleh cuaca, pakailah baju hangat pada anak
  3. Kenakan pakaian yang hangat pada anak, sehingga tubuh anak merasa lebih nyaman dan terhindar dari rasa dingin yang dapat memicu terjadinya reaksi alergi.
  4. Menjaga kebersihan rumah, baik di dalam maupun dilingkungan sekitarnya.
  5. Debu-debu yang menempel pada perabotan rumah ataupun yang berterbangan kapan saja dapat terhirup oleh anak.  Selain itu, perhatikan juga  kasur, bantal dan seprei dikamar sikecil.  Jemur kasur dan bantal serta ganti  seprei 2 kali dalam seminggu agar tidak  ada debu yang bersarang.
  6. Hindari dari binatang peliharaan
  7. Bulu binatang bisa menjadi salah satu  pemicu batuk pada anak. Bulu binatang  peliharan yang terkena angin dapat  terbang dan terhirup oleh anak.
  8. Hindari jajanan yang mengandung zat  pengawet dan pewarna
  9. Selain berbahya bagi tubuh, makanan  yang mengandung pengawet dan  pewarna juga dapat menjadi pemicu  alergi.
  10. Hubungi dokter jika kondisi semakin  memburuk
  11. Jika batuk alergi yang diderita si kecil  tidak kunjung membaik, para orang tua  bisa langsung melakukan pemeriksaan  lebih lanjut dan berkonsultasi dengan  dokter.
Baca juga : [ Penyebab Penyakit Kanker Testis dan Pengobatannya | Cara Mencegah Penyakit Ginjal Uremia

56 komentar:

  1. wah ilmu baru nih buat bekal besok kalau udah punya dedek. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buat referensi semoga berguna ya

      Hapus
  2. Bulu binatan dan cuaca ? rumahku banyak. Wah jadi was-was jika nanti punya dedek :)

    BalasHapus
  3. apalagi sekarang ini, akibat debu gunung raung di banyuwangi.. saya sering mengalami batuk-batuk.. jadi khususnya debu, jangan biarkan berterbangan didalam rumah jika didalam rumah terdapat anak kecil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa lagi anak-anak berbahaya kalo menghirup udara kotor

      Hapus
  4. Terimakasih atas saran mengobati batuk alergi pada anak nya teh...

    BalasHapus
  5. wawasan kesehatan yang sangat bermanfaat, bisa untuk antisipasi dan cek kondisi kesehatan anak, apa memiliki gejala batuk alergi atau tidak, makasih mba

    BalasHapus
  6. pengetahuan sebelum punya anak nih


    oh ya dietku ikut catering tyazs kitchen

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pengen cobain diet ala mba ninda hehe

      Hapus
  7. terima kasih ya mba, panduan obatin batuknya jadi alternatif

    BalasHapus
  8. nah pas anak saya lagi batuk dan kadang muntah juga mbak. yang kasihan itu yang umur 8 bulan. udah diperiksakan karena perubahan cuaca dan sekarang malah kena sariawan. saya kira dulu anak kecil tidak bisa kena sariawan, eeehhh ternyata bisa juga kena....kemarin udah diperiksakan dan sekarang udah mendingan. makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama mbah, memang sebaiknya segera di periksakan ke dokter kalo anak udah kena batuk2

      Hapus
  9. terutama ciri-ciri selain yang dapat menyebabkan batuk alergi haruslah para orang tua mengetahuinya supaya bisa antisipasi sejak dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar kang, harus waspada apa lagi untuk anak

      Hapus
    2. untuk anak kok coba-coba ya..

      kalau untuk calon pacar sih boleh dicoba-coba...ups

      Hapus
  10. Menjadi orang tua mesti tanggap nih, kalau anaknya sakit. Artikel yg bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus sigap terhadap kesehatan sang anak ya mas

      Hapus
  11. Wah emang harus banyak persiapan sih. Kalo bersedia mampir ke blog ku ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapp mba irene, makasih ya sudah berkunjung

      Hapus
  12. banyak juga yg bisa menyebabkan batuk alergi pada usia anak ya mba, apalagi yg halaman rumahnya berdebu dan memelihara hewan yg rawan rontok bulunya... harus ekstra sekali menjaganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus waspada, soalnya anak2 lebih rentan kena penyakit

      Hapus
  13. biasanya juga akibat debu mba, banyak kasus anak alergi pada debu pada kasur atau bantal

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak juga sih ya yang mengakibatkan batuk alergi, dari mudi debu, asap, dll

      Hapus
  14. perlu dicatat nih, ya antisipasi anak saya. makasih mbak ilmunya. membaca gudangnya ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, semoga bermanfaat ya mba

      Hapus
  15. Biasanya karena hewan nih mba, seperti kucing, anjing atau burung. Kalo saya biasa alergi debu... Ilmunya mantaf dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya bulunya kadang suka berterbangan, apa lagi yang punya alergi, pasti harus waspada

      Hapus
  16. wah semoga dengan artikel ini kita jadi tau ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, semoga bermanfaat ya mas albar

      Hapus
  17. Point nomor empat sih yang lebih diperlukan dalam keluarga, ya. Kalau nggak rajin, ya sering pada sakit..
    Untung saya nggak terlalu alergi, seenggaknya jarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, kesehatan di tanam dari hal yang terkecil, salah satunya rajin membersihkan rumah

      Hapus
  18. wah, catatan bagus untuk aku sebagai calon ayah merawta anaknya

    BalasHapus
  19. wahh, catatan bagus untuk aku sebagai calon ayah merawat anaknya heheh
    makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, semoga bermanfaat ya

      Hapus
  20. Dapet ilmu baru,,,paling tidak buat persiapan nanti klo udah jadi ayah,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya sebelum jadi calon ayah sudah tau sedikit ilmu hehe

      Hapus
  21. betul, apalagi pas pergatian cuaca, sering batuk disertai pilek.
    habbatussauda n jahe ... alhamdulilah sll sedia.
    terimakasih tipsnya ... batuk? cepet singkirkaaaaan ....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jahe, kalo engga air perasan lemon juga cukup bagus bu

      Hapus
  22. Poin-poin yang sangat berguna bagi calon ayah seperti diriku ini. Wah malas bersih-bersih rumah sudah menjadi kebiasaan yang buruk bagiku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya mulai merajinkan diri untuk bersih2 rumah mas

      Hapus
  23. saya dan anak saya malah lagi flu nih mba, obat terbaik apa?

    kebetulan ditempatku cuaca juga lagi kurang baik, banyak tetangga yang batuk juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake jahe, atau herbatusada, atau bisa juga air perasan lemon di seduh pake air hangat

      Hapus
  24. Artikelnya sangat bermanfaat nih mbak, jadi nambah ilmu saya.

    mau nanya nih mbak, anak tetangga saya umurnya sekitar 2th itu kalo tidurnya pake bantal atau guling yang terbuat dari kapuk langsung bersin bersin dan batuk batuk mbak. apa itu termasuk alergi kapuk ya mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya kan bantal atau gulingnya mengandung debu jadi kalo terhirup pasti mengganggu sehingga mengakibatkan batuk

      Hapus
  25. saya hanya bisa katakan sangat bermanfaat,,jadi bisa lebih waspada terhadap kotoran debu dan penyebab lainya tentang batuk dan alergi pada anak,,soalnya saya masih punya anak kecil juga

    BalasHapus
  26. thanks info nya mbak...sangat bermanfaat
    btw salam kenal

    BalasHapus
  27. kalau ramuan kecap sama jeruk nipis itu masih ampuh g buat batuk anak2?

    BalasHapus
  28. Terimakasih mba infonya sangat membantu
    Untuk saat ini saya masih belum punya anak hehehe :D

    BalasHapus
  29. Ini nih yang saya cari mbak, minggu kemarin sodara saya batuk-batuk loh bingung mau gimana, kalo sekarang coba saran mbak defa diatas deh ya..
    biar sodara saya yang batuk-batuk bisa sembuh.makasih ya..

    BalasHapus
  30. Mau komentar apa ya saya jadi bingung , ya udah trimakasih ya...

    BalasHapus
  31. Anakku baru umur 2 thn , sering batuk udah sering kedokter tp suka kambuh lg ,udah dirontgen katanya bukan flek ..tp berat badan susah naiknya ..
    Masih penasaran aku pindah RS buat berobat tp hasilnya sama cuma batuk doang katanya..tp sy masih belum puas soalnya tu batuk sering bgt dateng,akhirnya sy bawa ke dokter paru2 ,disitu baru ketauan kalo anakku alergi susu sapi,makanan laut sama coklat..akhirnya smua makanan itu sy jauhkan dr si kecil terutama ice cream..

    BalasHapus