Minggu, 08 November 2015

Cara Alami Menormalkan dan Menurunkan SGPT/SGOT


SGOT singkatan dari Serum Glutamic Oxaloacetic Transminase, sebuah enzime yang biasanya hadir dalam dan jantung sel hati. SGOT dilepas ke dalam darah ketika hati atau jantung rusak. Tingkat darah SGOT ini adalah demikian tinggi dengan kerusakan hati (misalnya, dari hepatitis virus) atau dengan penghinaan terhadap jantung (misalnya, dari serangan jantung).

Sedangkan SGPT adalah singkatan dari Serum Glutamic Piruvic Transminase, SGPT atau juga dinamakan ALT (alanin aminotransferase) merupakan enzim yang banyak ditemukan pada sel hati serta efektif untuk mendiagnosis destruksi hepatoseluler. Enzim ini dalam jumlah yang kecil dijumpai pada otot jantung, ginjal dan otot rangka. Pada umumnya nilai res SGPT/ALT lebih tinggi dari pada SGOT/AST pada kerusakan parenkim hati akut, sedangkan pada proses kronis di dapat sebaliknya.

Biasanya, beratnya kerusakan digambarkan dengan berapa kali di atas normal. Contohnya, bila SGPT Anda 80, berarti SGPT Anda sedikit di atas dua kali (2x) normal. Kalau  120, berarti 3x atas normal. Biasanya, tingkat SGPT/SGOT dianggap masalah bila 3x di atas normal. Biasanya, tingkat SGPT/SGOT dianggap masalah bila 3x atau lebih di atas normal, tetapi juga harus dilihat gejala lain. Kalau SGPT agak tinggi (tergantung keadaan; bisa 5x atau lebih), tetapi tidak ada gejala lain, dokter biasa hanya akan memantau lebih berhati-hati.

Penyabab timbulnya SGOT SGPT:
  1. Pola makan terlalu berlebihan
  2. Virus hepatitis
  3. Banyak mengkonsumsi obat-obatan
  4. Banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan
  5. Minyak goreng yang tidak sehat
  6. Mengkonsumsi masakan mentah
Gejala yang dirsakan
  1. Perasaan mual dan muntah
  2. Kulit dan mata berwarna kekuningan
  3. Nyeri pada ulu hati
  4. Merasakan lelah yang berlebihan
  5. Warna air seni agak gelap
Cara Alami Menormalkan dan Menurunkan SGPT/SGOT
Karena duo SGOT-SGPT adalah enzim, untuk menurunkan tentu saja harus di cari dulu penyebabnya. Jika memang kenaikan disebabkan oleh penyakit di organ liver, tentu harus di sembuhkan dulu penyakitnya. Jika terjadi sumbatan di empedu, tentu harus di bereskan dulu sumbatannya.  Temulawak (curcuma javanica) atau populer dengan sebutan curcuma merupakan tanaman obat asli Indonesia yang sejak zaman nenek moyang sudah dikenal memiliki banyak khasiat kesehatan. Ambil 25 gram temulawak serta 30 gram daun serut/mirten, lalu campur dengan air sekitar 600 cc, kemudia rebus hingga air tinggal 300 cc. Saring airnya, minum dalam keadaan masih hangat.
 

9 komentar:

  1. singkatan SGPT/SGOT aja baru tau :)
    makasih wawasan kesehatannya

    BalasHapus
  2. saya baru tau sejenis benda SGPT/SGOT ini, berasa aneh

    BalasHapus
  3. kalo diteliti penyebab timbulnya penyakit ini banyak sekali terkandung pada makanan jajanan zaman sekarang ya mbak defa, terus saya makan apa coba??

    BalasHapus
  4. Saya baru tau nih mbak istilah ini. Izin baca ya mbak, buat nambah-nambah ilmu.

    BalasHapus
  5. alhamdulillah mbak defa, sangat membantu artikelnya :) awalnya agak sedikit kurang paham mbak, setelah beberapa kali pengulangan insya allah mbak :)

    BalasHapus
  6. Sekarang sudah banyak makanan yang mengandung zat pengawet, zat pewarna dan pemanis buatan... bisa jadi semua orang kemungkinan beresiko akan meningkat SGPT/SGOT.

    BalasHapus
  7. penyebabnya sendiri sekarang sudah semakin banyak dan mudah di dapat, seperti bahan penga, zat tambahan, pewarna dll, haduh tantangan hidup sehat semakin berat :)

    BalasHapus
  8. Artikel yang sangat bermanfaat. Jangan Lupa Kunjungi http://mesinindo.com/ Untuk Melihat Artikel Bermanfaat Lainnya.

    BalasHapus